7 Wisata Kuliner Unik Khas Papua

Indonesia memang terkenal akan sumber daya alam yang melimpah dan banyak pulau. Selain kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga kaya akan budaya adat istiadat yang memiliki ciri khas satu sama lain. Begitu juga dengan makanan tiap daerah yang memiliki beberapa makanan unik dan khas dari beberapa daerah tertentu. Perbedaannya juga beragam, mulai dari jenis makananya, cara masaknya, hingga cara penyajiannya.

Bila di artikel sebelumnya kita pernah membahas mengenai wisata kuliner di kota Singkawang, maka kali ini kami akan membahas mengenai makanan unik dari Papua. Penasaran makanan apa saja yang unik dan memiliki ciri khas papua ? Simak ulasan berikut ini :

  • Kue Lontar

Makanan khas papua yang pertama adalah kue lontar. Nama kue lontar ini konon diambil dari bahasa belanda londtart yang artinya kue bundar. Rasa tekstur kue ini adalah lembut dan renyah sangat cocok untuk dijadikan cemilan saat bersantai. Jika kita lebih perhatikan lagi kue ini mirip dengan pie susu.

  • Ikan Bakar Manokwari

Ikan bakar manokwari adalah ikan tongkol yang dibakar dan diberikan bumbu – bumbu khas papua. Jika anda menyukai pedas, makanan ini sangat cocok untuk anda dan harus anda coba. Bumbu pedas yang diberikan biasanya terbuat dari cabai mentah yang digiling kasar. Sensasi gurih bertabur pedas akan anda rasakan bila menyantap makanan ini.

  • Papeda

Makanan khas papua ini biasa dijadikan makanan pokok sehari – hari oleh masyarakat papua. Papeda sendiri terbuat dari sagu dan teksturnya sedikit kenyal dengan rasa yang tawar ini biasa dijadikan pengganti nasi, mengingat sulitnya beras di daerah tersebut. Biasanya papeda dijadikan makanan pendamping ikan bakar Manokwari, dan rasakanlah kelezatan combo maut kedua makanan tersebut.

  • Sagu Lempeng

Sagu lempeng atau sering disebut dengan sagu rumbia merupakan salah satu menu khas papua yang harus anda coba. Sagu lempeng ini sangat cocok bila anda nikmati sambil ditemani dengan segelas teh atau kopi dipagi hari. Tekstur dari makanan ini terasa kenyal dan sangat nikmat jika dijadikan sarapan atau menu di sore hari sambil minum teh atau kopi.

  • Udang Selingkuh

Menu khas papua barat ini adalah udang selingkuh. Udang selingkuh adalah udang yang memiliki capit seperti kepiting sehingga dijuluki udang yang selingkuh dengan kepiting. Biasanya warga papua memakan udang selingkuh dengan sambal colo colo dan singkong sebagai karbohidratnya. Menu ini sangat gurih dan nikmat, jika anda mendatangi daerah papua bagian barat, anda harus mencoba menu ini.

  • Aunu Sanebre

Aunu sanebre merupakan makanan khas papua yang harus anda coba jika anda berkunjung disana. Makanan ini terdiri dari campuran nasi dan ikan teri yang digoreng dan dicampur dengan parutan talas serta kelapa. Setelah itu campuran beberapa bahan makanan tersebut dikukus. Sensai rasa gurih dan asin akan anda dapatkan dari makanan ini.

  • Sambal Colo – Colo

Sambal colo – colo merupakan potongan cabai hijau dan cabai merah yang dicampur dengan potongan bawang, daun bawang, dan jeruk nipis. Jika anda menyukai rasa pedas, sambal ini sangat rekomended untuk anda coba. Selain rasa pedas, ada juga rasa segar dan asam yang dihasilkan dari potongan jeruk nipis.

Itulah beberapa menu khas Papua yang harus anda coba jika berkunjung ke daera papua. Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan hari ini, semoga menginspirasi dan menambah wawasan anda seputar kuliner nusantara. Sekian dan Terima kasih.